Kiat Menentukan Sarung Tangan Motor Kulit yang Pas untuk Anda

Berkendara dengan sepeda motor bukan hal yang baru lagi karena hampir sebagian besar masyarakat di Indonesia sudah menggunakan sepeda motor. Untuk melindungi diri saat sedang berkendara, tidak hanya harus mengenakan helm namun juga perlengkapan tambahan seperti sarung tangan kulit. Perlengkapan yang kini banyak ditemukan di toko online terpercaya ini, memiliki harga yang beragam. Untuk menentukan mana sarung tangan motor kulit yang tepat dan pas untuk Anda gunakan, selain harga dari sarung tangan tersebut, pertimbangkan dahulu hal berikut ini.

Sarung Tangan Motor Kulit

Pertama adalah ukuran dari sarung tangan tersebut. Ada banyak sarung tangan kulit yang memiliki ukuran yang berbeda. Biasanya, pelengkap berkendara yang memiliki fungsi untuk melindungi bagian telapak dan punggung tangan ini memiliki ukuran yang besar karena umumnya digunakan oleh pria. Karena hal tersebut, jika Anda belum pernah mencoba apakah sarung tangan kulit tersebut nyaman atau tidak, sebaiknya beli secara offline dan coba langsung untuk tahu ukuran tangan dan sarung tangan tersebut.

Kedua adalah modelnya. Pastikan lebih dahulu Anda nyaman untuk menggunakan sarung tangan yang terbuat dari bahan kulit terlebih dahulu sebelum memilih model yang tepat. Umumnya, sarung tangan kulit memiliki bentuk atau model yang melindungi keseluruhan tangan hingga jemari. Namun, ada juga jenis sarung tangan yang hanya melindungi hingga pertengahan jemari. Sesuaikan dengan kenyamanan Anda namun jika kerap digunakan misalnya untuk berkendara di malam hari, sebaiknya pilih yang menutupi jemari agar tangan tetap hangat. Sedangkan jika Anda memiliki kuku panjang atau tangan sering gerah, pilih yang half finger.

Ketiga adalah sirkulasi udara. Masing-masing sarung tangan motor kulit memiliki design sendiri dan tidak sedikit yang melengkapinya dengan adanya sirkulasi udara misalnya lubang kecil di bagian sekitar jemari. Sirkulasi udara ini akan sangat berpengaruh pada kenyamanan Anda apalagi Anda akan menggunakannya untuk berkendara dalam jarak yang cukup jauh dan waktu yang lama. Jika sarung tangan kulit tersebut tidak punya lubang sirkulasi udara yang bagus, maka tangan Anda tentunya akan mudah untuk berkeringat. Hasilnya, Anda akan menjadi tidak nyaman saat berkendara.

Keempat adalah bantalan sarung tangan. Kerap kali saat berkendara dengan sepeda motor apalagi untuk jarak yang cukup jauh dan melewati jalanan yang tidak rata, menyebabkan tangan menjadi kebas yang membuat Anda tidak nyaman saat berkendara. Untuk menghindarinya, pilih sarung tangan yang dilengkapi dengan bantalan sehingga bisa membantu untuk menjaga tangan dari getaran yang dapat mempengaruhi syaraf tangan. Walaupun harganya akan lebih mahal namun bisa lebih nyaman dan aman untuk digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama dan membuat Anda tidak boros dengan tidak membeli sarung tangan dalam waktu yang singkat.

Kelima adalah jahitan sarung tangan. Pastikan jika sarung tangan motor kulit yang Anda pilih tersebut memiliki jahitan yang cukup rapi dan kuat. Hal tersebut dikarenakan jika jahitan tidak cukup baik akan menyebabkan sarung tangan mudah rusak sehingga perlindungan yang diberikan tidak maksimal. Misalnya saat terjadi gesekan atau tidak sengaja tersambit dahan pohon, akan mudah membuat sarung tangan motor Anda tersebut mudah sobek. Cara mengetesnya selain memperhatikan langsung apakah jahitan tersebut cukup bagus atau tidak, Anda bisa menggunakan sarung tangan tersebut kemudian posisikan tangan Anda dalam keadaan mencengkeram stang motor. Lihat dan rasakan apakah sarung tangan tersebut menyebabkan Anda tidak leluasa saat mencengkeram dan menarik rem atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *