Melahirkan Dengan BPJS

Inilah Persiapan Hemat Sebelum Melahirkan dengan BPJS

Kehamilan menjadi momen yang sangat membahagiakan untuk para calon ibu. Di momen ini orang tua harus mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan proses persalinan. Salah satunya yaitu dana untuk proses kelahiran bayi, Anda bisa memilih melahirkan dengan BPJS untuk menghemat dana.

Dengan mempersiapkan banyak hal khususnya dalam perencanaan keuangan akan membuat Anda memiliki perencanaan masa depan yang baik untuk anak dan keluarga. Sebaliknya, persiapan keuangan yang kurang matang juga bisa membuat pengeluaran membengkak.

Melahirkan Dengan BPJS

Umumnya, menjelang kelahiran bayi, orang tua akan menyiapkan banyak hal dengan detail. Mulai dari menyiapkan kamar, pakaian bayi yang mungil, mainan, dan juga nutrisi sehat untuk pertumbuhan bayi. Tentunya ini membutuhkan persiapan keuangan yang baik. Berikut beberapa persiapan sebelum persalinan yang perlu untuk diperhatikan :

Memahami asuransi kesehatan dan antisipasi biaya

Sebelum melahirkan, bisa saja Anda sudah mempunyai beberapa asuransi yang sudah dibuat untuk keamanan di masa depan. Setelah Anda melahirkan, tentu perlu melihat dan juga mengecek keadaan asuransi tersebut. ApalagiĀ  jika asuransi tersebut adalah asuransi kesehatan misalnya melahirkan dengan bpjs.

Tentunya jika Anda sudah melahirkan, saatnya meng-update asuransi yang baru untuk kebutuhan Anda dan bayi. Biaya persalinan lebih baik segera dipersiapkan setelah dinyatakan hamil. Anda bisa memulainya dengan mencari informasi tentang biaya persalinan yang ada di rumah sakit.

Selain itu, Anda juga perlu untuk bertanya mengenai penggantian dana persalinan dan juga fasilitas perawatan dengan asuransi yang dimiliki. Jangan lupa juga tanyakan prosedur klaim dan prosedur yang diperlukan.

Rencanakan cuti melahirkan dan hitung tunjangan dari tempat kerja

Jika Anda adalah seorang karyawan, umumnya sudah memiliki fasilitas tunjangan untuk kelahiran dan waktu cuti untuk persalinan. Tetapi, perlu diperhitungkan dan juga dilihat seberapa besar plafon untuk persalinan caesar dan juga normal, jenis kamar yang akan ditanggung, apakah perusahaan juga akan mengganti dana pemeriksaan kehamilan. Ini sangat penting agar Anda juga bisa menyiapkan keuangan keluarga saat kehamilan dan persalinan.

Rancang anggaran pra bayar

Siapkan daftar belanjaan untuk kebutuhan ibu dan bayi, tetapi sesuaikan juga dengan anggaran yang dimiliki, jadi tetapkan batas pembelian yang diperlukan dan pilih barang yang memang sangat dibutuhkan terlebih dahulu. Jika perlu, bisa mempertimbangkan untuk membeli barang bekas yang masih berkualitas baik untuk menghemat dana.

Misalnya Anda membutuhkan kereta bayi, jika ada kereta bayi yang bekas tetapi masih bagus, Anda bisa membelinya. Sebaiknya disarankan juga untuk membeli pakaian yang tidak terlalu banyak untuk bayi, karena bayi nantinya juga akan bertumbuh kembang. Siapkan baju untuk bayi hingga umum bulan ketiga dari kelahirannya saja.

Itu dia beberapa persiapan keuangan yang bisa dilakukan agar bisa menghemat dana untuk kelahiran bayi. Semoga bisa membantu Anda dalam membagi keuangan yang diperlukan dalam proses persalinan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *