Doyan Traveling? Pastikan 5 Fitur Ini Ada dalam Smartphonemu

Nggak cuma bagi milenial, traveling sekarang udah jadi salah satu kebutuhan tersendiri bagi setiap orang. Pengalaman berkunjung ke tempat baru, belajar kultur baru, ketemu banyak orang baru, nyobain kuliner setempat, meski mungkin harus keluar biaya banyak, tapi dampak positifnya juga pasti nggak kalah banyak.

Nggak heran kalo sebagian orang bahkan nagih pergi traveling. Dalam setaun, mungkin bisa lebih dari tiga kali traveling ke berbagai tempat. Modal berburu tiket pesawat murah, nginap di hostel, smartphone atau kamera mumpuni untuk mengabadikan momen, uang jajan secukupnya, backpackeran, deh!

Smartphone

Perkara gadget, kadang orang lebih pilih smartphone dibanding kamera, apalagi kalo travelingnya sendirian. Selain ngirit bagasi karena nggak perlu bawa kamera dan perintilannya, smartphone juga lebih praktis digunakan dibanding kamera. Kalo kamu, #TimKamera atau #TimKameraHP?

Nah, biar momen traveling berikutnya lebih maksimal meski cuma bawa smartphone, pastikan 5 fitur ini ada di dalam smartphonemu.

  1. Asisten Virtual Pintar

           Kalo kamu pengguna Samsung atau iPhone, pasti familiar sama yang namanya fitur Bixby dan juga Siri. Asisten virtual pintar yang bisa membantu penggunanya dalam banyak hal lewat media suara. Misalnya cari informasi, nerjemahin bahasa, kirim pesan otomatis, pesan transportasi online, sampai buat jadwal meeting.

Atau, ada juga Google Assistant bagi kamu pengguna smartphone android selain Samsung. Ketiga asisten virtual pintar ini bisa dimanfaatkan secara maksimal bagi kamu yang doyan traveling, terutama untuk penerjemah bahasa dan penunjuk informasi jalan atau objek wisata setempat.

Kalo belum familiar dengan fitur ini, kamu bisa coba-coba pake dari sekarang supaya lebih terbantu pas traveling nanti. Apalagi kalo kamu perlu bantuan untuk memahami bahasa setempat, fitur Bixby Vision yang ada pada Samsung Galaxy S8 dan S9, cukup bisa diandalkan. Meski harga kedua smartphone ini selangit, tapi kamu bisa beli dengan kredit hp online tanpa kartu kredit. Cari yang bunganya ringan dan pilihan tenornya panjang, supaya cicilan per bulannya lebih ringan. Kamu bisa coba yang satu ini.

  1. Kamera Ganda & Sensor OIS/EIS

Traveling nggak bakal lengkap kalo nggak mengabadikan momen. Agar hasil foto dan rekaman videomu nanti maksimal meskipun hanya pakai smartphone, pastikan teknologi kamera ganda bersensor OIS dan EIS sudah ada dalam smartphonemu.

Beberapa smartphone ada yang cuma menyematkan kamera ganda di bagian kamera utama dan ada juga yang di bagian kamera selfie. Yang pasti, keduanya bisa disesuaikan sama kebutuhanmu. Kalo nggak senang selfie, sebaiknya pilih hp dengan fitur kamera ganda utama, misalnya Asus Zenfone Zoom S atau Galaxy S9. Kalo lebih senang selfie, kamu bisa coba Vivo V5 Plus atau Oppo F3 Plus.

Apa fungsi kamera ganda? Tentu aja supaya hasil jepretanmu bisa menjangkau berbagai sudut objek dan punya kualitas cahaya serta efek yang maksimal. Nggak ada lagi yang namanya selfie sempit-sempitan atau foto panorama yang kepotong!

Sementara sensor OIS (Optical Image Stabilization) dan EIS (Electronic Image Stabilization) bisa membantu menjaga kualitas foto dan video yang kamu ambil supaya tetap stabil, nggak blur, dan mencegah degradasi gambar. Kalo suka ngevlog saat traveling, biasanya pergerakan dan getaran tangan bisa bikin hasil video jelek. Nah, adanya dua teknologi ini bikin masalah tersebut bisa mudah diatasi.

Smartphone dengan teknologi OIS atau EIS biasanya adalah smartphone kelas atas atau flagship, contohnya Google Pixel atau iPhone X. Harganya bisa capai belasan juta, kalo kamu ketik dua smartphone ini di google, maka bakal muncul hasil pencarian beberapa merchant online yang jual smartphone ini, tapi bisa cicilan atau kredit hp online tanpa kartu kredit.    

Kalo finansialmu cukup stabil untuk kredit hp tanpa kartu kredit yang harganya lumayan mahal, nggak ada salahnya untuk coba fasilitas ini. Apalagi sekarang, beberapa lembaga multifinansial yang menyediakan layanan ini, kayak Kredivo, nggak menerapkan syarat survey, dp, biaya admin, atau pun biaya tahunan. Semua prosesnya juga serba online via aplikasi Kredivo. Yang penting kamu udah berusia minimum 18 tahun, berpenghasilan minimum Rp 3 juta per bulan, dan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Palembang, atau Medan.

  1. Dual SIM

Fitur dual SIM pastinya ngebantu banget kalo kita traveling ke luar negeri. Daripada roaming mahal-mahal, jelas beli SIM card lokal lebih menguntungkan dan terjamin koneksinya. Biar nggak repot saat harus ganti SIM card, lebih baik siapkan smartphone yang punya dua slot kartu SIM. Misalnya Samsung S7 Edge, Samsung Galaxy S8, atau Oppo F7.

Hindari smartphone dengan fitur dual SIM hybrid karena meski bisa masukin dua kartu SIM sekaligus, kamu nggak bisa pakai memori eksternal dalam waktu bersamaan karena slotnya udah dipakai untuk SIM kedua.

  1. Kapasitas RAM & ROM yang besar

Supaya bisa instal banyak aplikasi bermanfaat untuk traveling, misalnya, maps offline, aplikasi itinerary, aplikasi currency, aplikasi booking tiket pesawat dan hotel, sampai aplikasi transportasi online, kamu perlu smartphone dengan kapasitas RAM dan ROM yang memadai. Minimal RAM 3 GB dan ROM 64 GB.

Nggak cuma instal aplikasi, pastinya kamu juga harus simpan berbagai foto dan video hasil dokumentasimu selama traveling, kan? Nah, supaya nanti nggak terpaksa harus hapus-hapus foto atau video karena memori kepenuhan, ada baiknya bawa smartphone yang RAM dan ROMnya ciamik!

Sekarang, udah banyak smartphone dengan RAM dan ROM besar tapi harganya murah. Kayak ASUS Zenfone 4 yang punya RAM 3 GB dengan harga Rp 2 jutaan atau ASUS Zenfone 3 dengan RAM 4 GB dan ROM 64 GB dengan harga Rp 3 jutaan. Selain murah, bisa kredit hp tanpa kartu kredit online juga di merchant online rekanan Kredivo kayak Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, Shopee, atau merchant offline kayak Sentra Ponsel atau Toko PDA, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Fast Charging

Saking banyaknya momen yang diabadikan pas traveling, tau-tau baterai udah abis cuma dalam waktu beberapa jam. Kapasitas baterai yang besar aja nggak cukup bisa diandalkan kalo aktivitas yang dilakukan di smartphone terlalu banyak. Solusinya, akan lebih baik kalo smartphonemu juga punya teknologi fast charging.

Teknologi yang satu ini membuat baterai smartphonemu bisa terisi dengan cepat cuma dalam itungan menit aja. Karena saat traveling, kamu pastinya lebih banyak habiskan waktu di objek-objek wisata kan, daripada di penginapan? Nah fitur fast charging, bisa cukup membantu kalo di tengah jalan bateraimu mulai lowbat. Kamu bisa melipir ke convenience store setempat untuk ngecas sebentar, atau colok ke powerbank beberapa menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *