Bingung Bedanya Cincin Tunangan dengan Cincin Kawin? Ini Dia Perbedaannya!

Setiap pasangan pastinya ingin memiliki akhir cerita yang bahagia, yakni menikah dan tumbuh serta menua bersama dan menghabiskan masa tuanya bersama-sama. Ketika sudah memutuskan akan menikah, biasanya ada beberapa tahap yang harus dilalui terlebih dahulu, misalnya mengadakan pertunangan kemudian melamarnya. Ketika bertunangan, Anda pastinya harus memberikan suatu tanda jadi bahwa sudah mengikat komitmen Anda dengan pasangan, biasanya pertunangan tersebut diikat dengan cincin tunangan. Banyak yang berpikir bahwa cincin tersebut merupakan cincin kawin, namun ternyata berbeda. Hal tersebut memang memiliki arti yang sama, yakni mengikat janji dan juga komitmen mereka untuk melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius atau mengarah ke rumah tangga. Berikut ini adalah beberapa perbedaannya yang harus Anda ketahui mengenai cincin tanda pengikat tersebut, yakni :

Cincin Tunangan

  • Berdiri Sendiri

Cincin sebagai tanda jadi pertunangan tidak harus selalu terdiri dari sepasang cincin, melainkan bisa berdiri sendiri atau hanya berbentuk satu buah cincin saja yang diperuntukkan bagi pasangan Anda. Biasanya, cincin tersebut akan diberikan oleh pihak laki-laki kepada perempuan dan menjadikannya simbol sebagai pengikat hubungan mereka. Cincin tersebut juga tidak perlu dibeli berdua dengan pasangan, namun Anda bisa mencarinya secara mandiri dengan membelinya di situs jual beli online terpercaya atau membelinya langsung di toko perhiasan.

  • Simbol Penutup

Ketika seseorang sudah memberikan cincin tunangan pada pasangannya, maka cincin tersebut akan dilambangkan sebagai simbol yang sangat sederhana dimana sang pria dinilai sudah siap secara mental dan juga finansial untuk membangun rumah tangga bersama pasangannya, serta sang wanita yang sudah tidak bisa berhubungan dengan lelaki lain, ibaratnya sudah tertutup jalan untuk pria lain mengambil hatinya. Berbeda dengan cincin kawin yang mengaitkan mereka dan meresmikan hubungan mereka yang sudah menikah.

  • Bisa jadi Cincin Kawin

Cincin ini juga bisa Anda jadikan sebagai cincin kawin, namun pastikan jika membelinya dalam satu pasangan, jangan hanya satu cincin saja yang diberikan untuk pihak perempuan, tetapi ada juga cincin pengikat untuk pihak pria. Hal ini tentunya akan membuat Anda menjadi lebih irit dengan tidak perlu lagi membeli cincin kawin. Pastinya Anda akan lebih irit finansial serta dapat menggunakan uang tersebut untuk keperluan lain, misalnya untuk keperluan mengadakan pesta pernikahan dan lain sebagainya.

  • Jari Manis Kiri

Masing-masing negara pastinya memiliki kebiasaan dan juga adat yang berbeda, di Amerika, kebanyakan para wanita akan menggunakan cincin pelambang tanda tunangan di jari manis tangan kiri Anda. Biasanya, cincin yang digunakan akan terbuat dari perak, emas, platina dan lain sebagainya. Sedangkan cincin kawin biasanya di Indonesia akan dipasangkan pada jari manis tangan kanan yang dimana selalu dipergunakan dan hampir tidak pernah dilepaskan dari jari mereka. Hal ini tentunya berbeda-beda di berbagai negara, namun di Indonesia sebenarnya tidak ada aturan khusus untuk hal tersebut, sesuai dengan selera dan keinginan sang penggunanya.

Itulah beberapa perbedaan dari cincin kawin dan cincin tunangan yang sering dianggap sama. Namun, ternyata sangat berbeda kegunaan dan juga karakteristiknya. Meski sama-sama terbuat dari bahan logam mulia yang berkualitas, namun masing-masing memiliki arti yang berbeda. Cincin tersebut bisa Anda dapatkan dengan membelinya langsung di toko perhiasan yang sudah terbukti keaslian dan kualitasnya, dan juga bisa Anda beli dengan memesannya di toko online terpercaya atau pada situs belanja online yang sekarang ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *